Saturday, April 6, 2013

kebaikan


"Apabila Allah  menghendaki kebaikan kepada seseorang maka Ia memberinya kefahaman mengenai agamanya." (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)


     Sebuah kepastian jika hidup bukan merupakan persamaan matematis dengan grafis yang tegak lurus tanpa adanya noise. Perubahan, baik ke arah yang lebih baik atau sebaliknya pasti akan dialami. Lebih baik pada idealnya, namun terjerumus akan membuat sebaliknya. Sering teribaratkan dengan sebuah bola ataupun roda yang mana berputar dengan salah satu sisinya kadang berada di bawah maupun atas, begitulah hakikat kehidupan. 

    Perubahan ke arah lebih baik bagi seorang merupakan suatu keharusan, hijrah. Hijrah bukan dalam konteks berpindah dari satu tempat, dari kebatilan menuju kebaikan. Dan kebaikan itupun tidak akan diraih dengan jalan kecuali kebaikan pula. Belajar adalah keharusan dalam hal ini, mengetahui sebuah parameter bagaimana kebaikan itu dan step dalam meraihnya. Dalam konteks ini, perbaiki diri perbaiki diri perbaiki diri;tiada lain. 

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." Al Ahzab 21

No comments:

Post a Comment