Monday, March 18, 2013

FDMS Sudagaran 18.3.2013

Pemuda Yang Mencintai Masjid
by : Mbak Lathifa

18 Maret 2013; 20.00

Masjid

Dari kata Sajada-yasjudu-sujuudan (patuh, taat, serta tunduk dengan penuh hormat seta ta'dhim). Masjid merupakan tempat melakukan segala aktivitas yang mencerminkan kepatuhan, tunduk, taat semata karena Allah SWT. Masjid merupakan pusat peradaban, Institusi pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW saat beliau hijrah ke kota Madinah, Masjid Quba'.
Fungsi masjid secara garis besar pada zaman Rasulullah SAW :
 . merupakan tempat pembinaan dan penyebaran dakwah islam
 . merupakan tempat sarana pendidikan
 . juga berfungsi sebagai tempat untuk pengobatan orang sakit
 . tempat menyelesaikan masalah, mendamaikan orang yang sedang bertikai
 . tempat konsultasi dan komunikasi masalah ekonomi, sosial, budaya
 . tempat untuk menerima duta asing
 . tempat pertemuan pemimpin2 islam
 . tempat untuk bersidang, mengurus baitul maal
 . tempat untuk menyusun strategi perang serta mengurus prajurit yang luka

Pemuda
Dimulai semenjak baligh ( +- 15 - 40 tahun ). masa muda merupakan masa terpanjang, masa produktif dan kuat dan masa yang paling utama. Pemuda adalah tulang punggung sebuah kaum. "Berikan saya 10 pemuda , maka akan saya rubah dunia" Ir Soekarno

Keutamaan Memakmurkan Masjid

1. Mendapatkan perlindungan di hari kiamat

  " Ada tujuh golongan orang yang akan dinaungi Allah yang pada hari itu tidak ada naungan kecuali dari Allah SWT: . . . .  seseorang yang hatinya terpaut dengan masjid ketika ia keluar hingga kembali kepadanya " HR Bukhari dan Muslim

2. Derajat yang tinggi dan ampunan

" Barangsiapa yang bersuci di rumahnya kemudian ia berjalan untuk mendatangi salah satu masjid diantara masjid masjid Allah, demi menunaikan kewajiban yang ditetapkan Allah, maka salah satu dari setiap langkahnya itu akan menghapuskan dosa serta langkah yang satunya lagi akan mengangkat derajatnya" (HR Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi dan hakim)

3. Ketenangan dan Rahmat
" Masjid itu adalah rumah setiap orang yang bertaqwa, Allah memberi jaminan kepada orang yang menganggap masjid sebagai rumahnya; bahwa ia akan diberi ketenangan dan rahmat serta kamampuan untuk melintasi shiratal mustaqim menuju keridhaan Allah, yakni surga (HR Thabrani dan Bazzar dari Abu Darda ra)

4. Menanti Shalat dianggap Shalat
" Selalu seorang teranggap dalam dalam shalat selama tertahan oleh menantikan shalat, tiada yang menahannya untuk kembali ke rumahnya hanya semata mata karena menantikan shalat (HR Bukhari dan Muslim)

5. Langkah yang jauh menambah pahala
" Sesungguhnya orang yang terbesar pahalanya dalam shalat adalah yang paling jauh perjalanannya (HR Muslim dari abu musa)


Bagaimana memakmurkan masjid kita ?

1. Beribadah di dalamnya; Shalat berjamaah, berdzikir, membaca Al Qur'an, menuntut ilmu dll
2. Menegakkan Jama'ah
3. Membangun dan memeliharanya; memiliki rasa memiliki
4. Membersihkan serta menjaga kesuciannya
5. Memfungsikan masjid sesuai keridhaan Allah



"Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." QS-At taubah 18
















No comments:

Post a Comment